SeKopi – Kopi Tanah Air Kita | The Breeze BSD

Halo, jadi pada tanggal Sabtu, 28 Juli 2018 gue mengikuti acara seminar SeKopi (Kopi Tanah Air Kita). Seminar ini dibuat oleh dosen mata kuliah Wirusaha gue, yaitu pak Nandang. Gue mengikuti acara seminar ini karena nggak tahu kalau ada jadwal UAS yang dirubah, dimana nggak perlu hadir di ruangan. Padahal di hari H gue nunggu 1 jam lebih ☹️, jadi diganti dengan poster atau mengikuti acara seminar bagi yang nggak mengumpulkan poster.

Okelah, jadi gue ikut acar seminar itu. Dan kebetulan daerah Tangerang, yaitu The Breeze BSD. Pas banget nih, gue sekalian mau hunting foto SeKopi ini untuk gue liput di blog pribadi gue. Dan terbitlah artikel ini, hehe.

Tempat SeKopi

Jadi ternyata SeKopi ini juga tempat nongki dan tempatnya terbilang asik. Apalagi meja dan kursinya, bener-bener kreatif banget!

Dan ternyata di SeKopi ini bisa pesen biji kopi-nya lho! Nah, biji-biji yang disediakan ini juga termasuk lengkap. Kalo enggak salah ada Arabika Flores, Arabika Lintong. Gue nggak terlalu hafal, karena terbilang cukup banyak yang disediakan SeKopi ini, maap.

Lokasi

Lokasi SeKopi ini ada di; The Breeze BSD City Jalan Grand Boulevard Office Park Lake Level # 67E BSD, City.

Lebih mudahnya, dekat dengan Sate Khas Senayan & Starbucks.

Apa itu SeKopi

Kalau menurut Bapak Ir. Rudi Ersan, SH. Pemilik SeKopi, ini seperti organisasi kopi di Indonesia. Dengan mempersatukan komunitas Kopi se-Indonesia dalam satu wadah bernama Kopi Tanah Air Kita (SEKOPI) dengan aneka macam kopi.

Dan kebetulan kemarin pak Rudi turut hadir di Seminar dan menjelaskan detail mengenai SeKopi dan visi misinya.

Jadi SeKopi ini sudah 3 tahun dan dengan membuat konsep IKKI.Loh (Industri Kreatif Kopi Indonesia), juga dijelaskan mengenai Social Enterpreneur Coffee, yang seharusnya seorang pelaku bisnis kopi harus punya social enterpreneur.

Pak Rudi juga menjelaskan mengenai mesin Kopi Kapsul dengan sistem QR Code & AR Code. Mesin kopi ini dibuat supaya dapat bersaing dengan kopi-kopi dunia.

Ranking Kopi di Dunia:

  1. Brazil
  2. Vietnam
  3. Colombia
  4. Indonesia

Bangga nggak sih Indonesia ada di urutan 4 di Dunia? Ya dong! Bahkan kita seharusnya menjadi nomor 1, karena hampir brand-brand kopi luar melirik kopi-kopi yang ada di Indonesia.

Serta, beliau juga membuat konsep DeWi Sekopi (Desa Wisata & Olah Kopi). Menurutnya, menjual kopi juga bisa dibarengi dengan memanfaatkan kebunnya, dan tentunya sejumlah desa sudah menjalankannya.

Selain itu, beliau juga sedang membangun Aplikasi Ndeso, aplikasi ini kombinasi antara FinTech + DeWi SeKopi, yang dimana membernya nanti unlimited, juga bisa lelang kopi secara online. Rencananya, akan selesai pada September 2018. Yang paling gue suka adalah saat pak Rudi menjelaskan mengenai ingin membangun Co-Working Space pada desa-desa yang memiliki kebun kopi, supaya ke-depannya bisa mengolah kopi serta melelang secara online dengan mudah.

Wah, gue sangat takjub dengan rencana dan hal-hal yang dijelaskan beliau, sangat menginspirasi dan menyemangati anak-anak muda yang ingin bisnis kopi. Bahwa, bisnis kopi tidak hanya membuka kedai kopi, tetapi juga dengan Social Enterpreneur.

Dengan penjelasannya, gue jadi nggak buta banget sama yang namanya kopi. Gue juga dibuatkan kopi Manggarai oleh beliau dengan mesin kopi kapsulnya. Enak banget!

Kopi Manggarai dibuat oleh Pak Rudi dengan mesin Kopi Kapsul

Seperti biasa, nggak lupa untuk mengambil spot-spot foto tempat keren ini. Silakan dinikmati:

Tampak dari pintu masuk.

 

Venue Seminar.

 

Peserta Seminar & Dosen yang memakai baju batik.

 

Venue sebelah kanan.

 

Kasir dan Meja untuk ngopi.

 

Banner IKKI.Loh.

 

Berbagai macam aneka kopi.

 

Berbagai macam aneka kopi.

Mesin Kopi Kapsul

Dan juga gue sempat mengabadikan momen saat pak Rudi menjelaskan mesin kopi kapsul.

Mesin Kopi Kapsul

 

Pak Rudi sedang menjelaskan Kopi Kapsul.

Yap, mungkin itu saja Review gue pada acara seminar SeKopi dan senang bisa bertemu dan berjabat tangan dengan pelaku pebisnis kopi seperti Pak Rudi yang sangat menginspirasi. Sukses dan jaya selalu untuk seluruh komunitas kopi di Indonesia!

Terimakasih telah berkunjung.

See you in the next Review!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *