Kuliah Sambil Kerja, Enak Nggak Sih

Kuliah menjadi salah satu tujuan dari berakhirnya masa sekolah, 12 tahun di sekolah memang menjadi hal yang sangat wajar dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Ketika lulus sekolah, selalu muncul pertanyaan “Kuliah atau Kerja ya?”.

Jawaban gue, why not both? Ya, kenapa tidak dua-dua nya sekaligus? Tidak ada yang mustahil di dunia ini kalau lo sendiri terus berusaha.

Memang pilihan ini biasanya bertolakbelakang dengan apa yang orang tua lo mau, mereka pasti mau lo masuk PNS, masuk perusahaan BUMN.

Dulu, bokap gue minta gue tes ikut salah satu perguruan tinggi negeri, yaitu STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistika), nyokap gue minta gue tes SBMPTN.

Bokap mau gue masuk PNS, Nyokap mau gue kuliah di PTN. Tapi…, gue nggak suka dengan kedua itu. Dari awal lulus SMP, gue sudah menentukan bahwa gue ingin kerja 1 tahun untuk nabung, kemudian kuliah atau kalau bisa kerja sambil kuliah.

Tapi, karena memang gue nggak niat, jadinya gue nggak lulus satupun, gue tetap bersemangat untuk coba apply ke setiap perusahaan IT. Setelah gue apply ke berbagai perusahaan, 4 bulan kemudian gue dihubungi oleh salah satu HRD di perusahaan yang gue apply.

Alhamdulillah, setelah Interview, menunggu beberapa hari akhirnya diterima di perusahaa Provider Hosting di Jakarta. Sepengalaman gue, ketika lo udah masuk ke perusahaan, pasti ada aja tawaran kerjaan lain, tapi tetap gue tolak, karena ketika gue butuh kerjaan, perusahaan Provider Hosting ini yang menghubungi gue untuk menawarkan pekerjaan tersebut.

Akhirnya setelah gue masuk ke perusahaan tersebut dan masuk ke Universitas Swasta di Jakarta, gue baru merasakan rasanya menjadi mahasiswa sekaligus pegawai. Jujur, gue sangat senang dan bangga karena gue bisa mencapai titik ini, gue nggak kepikiran sama sekali bisa menjadi 2 hal yang gue impi-impikan dulu.

Sukaduka nya adalah lo harus bisa seirit mungkin dalam menggunakan gaji, karena kalau nggak, lo nggak bisa bayar kuliah. 

Awal semester 1 sampai semester 4 gue masih semangat banget kuliah, masuk ke semester 5 sudah mulai goyah dan ingin berhenti kuliah, tapi dibalik itu ada Orangtua, keluar, teman dan pacar gue yang selalu support dan memberikan pengertian, bahwa, jika gue bisa melewati proses kuliah sambil bekerja, gue akan mendapatkan 4 tahun pengalaman kerja, dimana gue bisa meningkatkan karir di kantor yang sekarang, atau pindah ke perusahaan lain karena lo sudah memiliki gelar S1 dan pengalaman 4 tahun.

Akan banyak pengeluaran yang lo keluarin untuk biaya kuliah ini, tapi nggak apa. Demi investasi pendidikan, masa nggak mau sih?!

Sampai tulisan ini dibuat, gue masih berkuliah dan masih semester 6, semoga gue, lo dan para pejuang Kulker (Kuliah Kerja) bisa melewati proses ini. 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *